Rabu, 03 Februari 2010

SEMUANYA MEMBUTUHKAN KESABARAN

Sungguh diluar dugaan, ternyata semua prediksi saya mengenai usaha warung internet ini sangat melesat jauh. yang sebelumnya saya membayangkan jika saya menginvestasikan uang saya di warnet ini, maka setiap bulannya saya akan menerima penghasilan tetap diluar gaji dari hasil kerjaku.

ternyata tidak, banyak sekali faktor yang menghambat usaha warnet saya ini, yang sebelumnya tidak terbayangkan sama sekali. sewaktu memasuki bulan nopember lalu, warnet saya mampu membukukan omset sekitar 180rb, yah bisa dianggap sebuah rekord lah, meskipun upaya marketing yang belum dijalankan namun pengunjung sudah banyak yang berdatangan.

masalah mulai muncul ketika terjadi perbaikan jembatan yang menghubungkan daerahku dengan daerah tetangga yang justru sebagian besar konsumen ku berasal dari daerah tetangga tersebut. walhasil, omset turun sangat drastis menjadi sekitar 35rb. hal ini terus terjadi hingga dua bulan lamanya, dan sudah dipastikan warnet saya ini mengalami rugi yang lumayan besar.

Namun saya coba tetap bertahan, siapa tahu ketika jembatan ini sudah selesai diperbaiki, maka pengunjung akan kembali menjadi normal. ternyata tidak, setelah jembatan kembali ke kondisi semula bahkan menjadi lebih baik, omset warnet tidak kunjung membaik. Astagfirullah....kenapa bisa begini, apa memang saya tidak layak melanjutkan usaha ini.. begitu pikir saya dalam hati ini....

akhirnya saya coba evaluasi ternyata memang di beberapa tempat yang lokasi nya berdekatan dengan warnet saya ini juga muncul warnet - warnet baru yang suasananya jauh lebih nyaman, mungkin karena mereka mengeluarkan modal yang cukup besar untuk membangun warnet nya.

Saya berfikir keras sepanjang hari, bagaimana supaya omset warnet bisa kembali ke normal, lumayan membuat stress juga.hehehehe...pernah terbersit keinginan hati untuk berhenti dari perjuangan ini semua, menutup warnet..namun saya berfikir ulang mengenai nasib 2 orang karyawan yang sudah membantu saya..

kini kodisi tersebut masih terus berlangsung, namun dari hati kecil ini ada keyakinan yang begitu besar, hidup itu bukan hanya hari ini saja, masih ada hari esok, minggu esok, bulan esok, atau bahkan tahun esok usaha saya ini akan memberikan keuntungan diluar yang saya perkirakan..jauh melebihi apa yang saya harapkan..

kini saya harus tetap bergerak maju meskipun lambat. tidak masalah hari ini belum untung, namun strategi harus tetap dijalankan, berfikir kreatif harus tetap dilakukan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar