Rabu, 25 Januari 2012

INTERNET MARKETING

            Internet kini sudah menjadi dunia kedua dalam kehidupan kita. Meskipun dinamakan sebagai dunia maya (abstrak), namun aktivitas yang ada didalamnya sangat berkaitan erat dengan dunia nyata. Dahulu internet digunakan hanya terbatas untuk kebutuhan transfer informasi di dunia militer saja, namun setelah internet berkembang, kini banyak orang menjadikan internet sebagai salah satu dari bagian aktivitas hidupnya. Internet sekarang ini tidak hanya sekedar berfungsi sebagai gaya hidup saja, melainkan juga sudah berubah fungsi menjadi sarana komunikasi suatu komunitas, sarana eksistensi diri, bahkan sebagai sarana untuk mencari keuntungan, salah satunya adalah dengan internet marketing.
            Internet marketing merupakan salah satu mekanisme pemasaran atau penawaran sampai ke penjualan produk melalui penggunaan media teknologi digital. Orang - orang biasanya menyebutnya juga dengan jualan online. Internet marketing kini sudah menjadi salah satu media pemasaran kedua setelah iklan di media baik oleh sebuah perusahaan besar maupun kecil, bahkan orang yang tidak memiliki perusahaan pun bisa berjualan di internet. Internet saat ini telah menjadi sarana yang solutif terutama bagi mereka yang memiliki angan untuk menjadi pengusaha namun tidak memiliki modal besar.
             Berbeda dengan penjualan secara konvensional, ada beberapa perangkat yang digunakan pada Internet marketing diantaranya adalah website, promosi online, search engine, iklan, blogging, email, link, dan semua aktivitas untuk mendapatkan dan membina hubungan dengan konsumen.
Website atau biasa dikenal dengan toko online adalah sebuah wadah layaknya toko di dunia nyata yang memberikan segala informasi mengenai produk atau jasa yang dijual. Toko online ini berperan menjembatani antara produsen/ penjual dengan konsumen/ pembeli. Oleh karena itu didalam toko online tersebut harus dicantumkan lengkap mengenai segala hal yang berhubungan dengan produk, cara bertransaksi, alamat lengkap, nomor kontak yang dapat dihubungi, nama pemilik, serta hal – hal lain yang dapat mendukung proses jual beli.

KEUNTUNGAN INTERNET MARKETING

            Internet marketing memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan marketing secara konvensional. Adapun beberapa kelebihan tersebut diantaranya adalah

a. Pasar yang lebih global
Berdasarkan data yang dimuat di media online detiki.net, bahwa pengguna internet sampai tahun 2010 di indonesia adalah sekitar 45 juta orang. Sehingga dengan angka ini, indonesia menempati urutan ke delapan negara dengan pengguna internet terbanyak sedunia. Ini merupakan potensi pasar yang sangat besar ditambah dengan pasar internasional. Internet menyebabkan luas area pemasaran dari suatu produk menjadi sangat tidak terbatas, sehingga memungkinkan suatu penjual bertransaksi dengan pembeli dari seluruh dunia

b. Mobilitas tinggi
Internet juga dapat meningkatkan mobilitas dari produk yang kita jual. Seperti kita ketahui bahwa pengguna internet ini tidak saja terbatas didaerah perkotaan saja, melainkan juga sudah merambah ke tingkat pedesaan dan wilayah – wilayah terpencil. Hal ini dapat menjadikan akses informasi akan produk yang dijual menjadi semakin luas, sehingga orang yang jaraknya ratusan bahkan ribuan kilometer dari lokasi berjualan masih memungkinkan untuk membeli produk atau jasa

c. Jam kerja fleksibel
Berbeda halnya dengan marketing konvensional yang memiliki waktu sangat terbatas, internet marketing tidak dibatasi oleh waktu, karena selama 24 jam orang dapat mengakses internet dan berkunjung ketoko online.

d. Modal kecil
Modal yang dibutuhkan pada proses internet marketing relatif lebih sedikit dan efisien apabila dibandingkan dengan marketing secara konvensional.

e. Bisa berjalan secara otomatis
Dengan adanya fasilitas internet tersebut, maka toko online dapat berjalan secara otomatis tanpa harus dijaga oleh penjualnya

f. Proses promosi yang sangat murah
Proses promosi didunia internet menghabiskan dana yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan promosi secara konvensional. Dapat dibayangkan, berapa besar dana yang diperlukan untuk menyebar brosur atau memasang iklan di media cetak supaya orang mau berkunjung ke sebuah toko, dan kalaupun orang-orang tersebut berkunjung tidak ada jaminan mereka akan langsung membeli produk yang ditawarkan. Namun dengan internet marketing dana tersebut dapat dipangkas serendah-rendahnya. Karena melalui internet, maka para pengguna internet dari belahan dunia manapun dapat mengakses toko online dari tempatnya masing-masing tanpa harus datang langsung ke lokasi toko berada.
            Hal utama yang menjadi faktor terlaksananya proses transaksi jual beli di internet adalah kepercayaan. Seorang calon konsumen baru berani bertransaksi dengan penjual di internet jika dirinya sudah benar-benar yakin bahwa produk yang dijual benar-benar ada, penjualnya dapat dipertanggungjawabkan, serta keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi terjamin. Proses seorang konsumen menggunakan media internet untuk melakukan pembelian online dimulai dengan timbulnya kesadaran (awareness) konsumen akan suatu informasi produk yang dapat diperoleh di internet. Membangun awareness konsumen ini sangatlah tidak mudah, dibutuhkan waktu yang cukup lama dalam membangun kepercayaan mereka terhadap produk atau jasa yang dijual, serta meyakinkan mereka akan kredibilitas dari penjualnya. Tentu saja hal ini membutuhkan mekanisme pelatihan berulang.
            Seperti halnya berjualan secara konvensional, pada jualan online juga dibutuhkan berbagai keahlian yang dapat menunjang penjualan. misalnya adalah web, desain web secara psikologis dapat mempengaruhi calon konsumen untuk lebih percaya akan eksistensi si penjual, sehingga ia lebih yakin untuk membeli produk di web tersebut. Jumlah kunjungan konsumen ke toko online tidak terjadi begitu saja, melainkan diperlukan trik khusus biasanya melalui pengaturan skrip pada web atau blog sehingga web toko online menempati urutan tertinggi di situs pencarian. Hal ini tentu membutuhkan latihan khusus dibidang blog itu sendiri. Kini sudah ada beberapa lembaga yang menyediakan jasa pelatihan mengenai blog dan web salah satunya adalah sekolah blog astamedia bloging scholl. Dari mulai dasar keilmuan tentang blog hingga level ke tingkat mahir sudah lengkap tersedia.
          Jadi Intinya adalah bahwa internet marketing saat ini merupakan solusi cerdas dalam memasarkan komoditas jual dengan biaya seefektif mungkin namun mampu memberikan hasil yang maksimal.

didedikasikan untuk perlombaan blog tentang bisnis online astamedia group

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar