Rabu, 18 Maret 2009

Filosofi Kopi

materi ini saya dapatkan dari sebuah power point di laptop saya.

saya ingin mengajak anda untuk bereksperimen mengenai sifat dari sebuah wortel, telur ayam, dan serbuk biji kopi. eksperimennya cukup simpel dimana saya hanya merebus ketiga bahan tersebut di wadah yang berbeda pada suhu yang sama dan lama waktu perebusan yang sama juga. setelah itu semuanya ditiriskan, bandingkan hasilnya dengan kondisi bahan sebelum direbus

1. wortel
sebelum direbus, wortel tampak keras, panjang dan sulit untuk dipatahkan, tetapi setelah direbus, maka hasilnya ternyata jauh berbeda dari sebelum direbus. wortel tersebut kini menjadi lebih lembek, layu, dan empuk.
2. Telur
semula telur bersifat lembek didalamnya, kuning dan cair. setelah direbus ternyata telur ini berubah menjadi keras
3. Kopi
semula biji kopi berwarna hitam dan berbau harum, kemudian setelah direbus ternyata biji kopi tetap berwarna hitam dan berbau harum. namun ada yang berbeda dari hasil rebusan biji kopi ini, air bekas merebus biji kopi ternyata berubah warna menjadi hitam dan berbau harum seperti baunya kopi.

ketiga karakter bahan tersebut ternyata mencerminkan sikap kita sebagai seorang manusia yang selalu berinteraksi dengan lingkungan.

wortel menggambarkan karakter seorang yang kuat, tegas, berpendirian, serta berprinsip. namun setelah ia terjun baik kedunia kerja, lingkungan sekolah maupun kuliah atau bahkan lingkungan masyarakat sekitar. ia terbawa oleh perubahan. sifatnya perlahan berubah, banyak hal yang ketika tidak sreg dihati nya ia lantas menyerah, frustasi dan akhirnya ia menjadi pribadi yang berubah drastis dari kondisi semula.
banyak sekali contohnya, seperti seorang yang teguh imannya, ketika salah bergaul akhirnya ia malah terbawa oleh pergaulannya itu.

telur menggambarkan karakter seorang yang lemah lembut, perhatian, santun kepada orang. setelah terjun baik kedunia kerja, lingkungan sekolah maupun kuliah atau bahkan lingkungan masyarakat sekitar, kepribadiannya mejadi berubah.. ia tumbuh menjadi seorang yang egois, kasar, tidak perhatian dan gampang marah.

Biji kopi. kita tahu bahwa biji kopi memiliki warna serta bau yang khas. karakter inilah yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang. sifat, kepribadian, dan prinsip yang telah dia bentuk sebelumnya senantiasa ia jaga baik pada saat bersosialisasi di dunia kerja maupun lingkungan masyarakat.
jadi bukan lingkungan yang mengubah kepribadian dia, namun dia lah yang mampu mengubah lingkungan menjadi lebih baik, dia mampu meninggalkan bau harum dan warna yang dia bawa pada air rebusan tanpa sedikit pun menghilangkan atau bahkan mengubah karakter dia sendiri.

inilah yang dinamakan karakter orang hebat. teguh dengan prinsip, tidak mudah terbawa oleh perubahan yang buruk, justru ia mampu mengubah suatu lingkungan yang buruk menjadi lebih baik, sehingga ketika ia keluar dari lingkungan tersebut, ia akan meninggalkan bau harum dan kenangan manis yang akan selalu diingat selamanya.

jadi silahkan pilih, apakah kita akan menjadi sebuah wortel, telur, atau biji kopi tersebut..

5 komentar:

  1. wah lagi eksperiment ya bro.... wkwkwkk..

    filosofi nya dong...
    lagi males mikir nih soalnya...

    BalasHapus
  2. he..he..kemaren kemaleman, jadi belum beres otretannya...sekarang mah sudah...

    BalasHapus
  3. Hello
    salam kenal ya..
    ku indra
    senang berkenalan dengan kamu

    BY :
    http://palembang-musi.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. filosofinya bagus deh

    salam kenal ya


    sc : http://rupiahanda.blogspot.com

    BalasHapus
  5. salam kenal juga mas indra dan mas danang...

    BalasHapus