Kamis, 01 April 2010
LOMBA BLOG UII 2010 judul "Perguruan Tinggi Favorit"
Kuliah di perguruan tinggi favorit / idaman adalah idaman hampir seluruh siswa SMU dimanapun mereka berada. Ada banyak hal yang mendasari mereka ingin masuk ke perguruan tinggi favorit / idaman, diantaranya adalah :
1. kesempatan untuk memasuki dunia kerja lebih mudah
2. kesempatan untuk mendapatkan gaji yang besar di dunia kerja menjadi lebih memungkinkan
3. gengsi karena kuliah di sebuah perguruan tinggi favorit / idaman semua orang.
4. Jurusan yang dimasuki memiliki masa depan yang cemerlang
Seiring dengan perkembangan pendidikan di Indonesia, kini kesan perguruan tinggi favorit atau idaman sudah tidak lagi hanya dimiliki oleh perguruan tinggi negeri saja, tetapi sudah merata baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Apalagi setelah adanya undang undang BHP (Badan Hukum Pendidikan), banyak perguruan tinggi negeri seperti ITB, UGM, dan UI melaksanakan Ujian Saringan Masuk mahasiswanya sendiri-sendiri (baca : USM), dan tentu saja dengan biaya yang selangit. Hal ini mengakibatkan status terfavorit dari perguruan tinggi - perguruan tinggi di Indonesia terutama di PTN mulai bergeser, bahkan banyak kalangan masyarakat yang mengatakan bahwa masuk ke perguruan tinggi negeri maupun swasta sekarang sama saja.
Fenomena ini tentu saja menjadi sebuah kesempatan yang bagus bagi perguruan tinggi swasta untuk dapat muncul menjadi sebuah perguruan tinggi favorit mengalahkan perguruan tinggi negeri, namun memang langkahnya tidak semudah membalikkan telapak tangan.
Tidak dapat dipungkiri lagi, kini pendidikan sudah merupakan salah satu komoditas jual. Adapun yang menempati sebagai posisi penjual nya adalah instansi perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, instansi SMU dan SMK baik negeri atau swasta, bahkan sampai instansi TK sekalipun. Oleh karena itu, saat ini muncul persaingan - persaingan antar instansi pendidikan untuk berlomba - lomba menarik minat calon murid atau calon mahasiswa sebanyak banyaknya untuk mau masuk di instansinya.
Perguruan tinggi swasta tentunya sejak pendiriannya sudah terlebih dahulu berorientasi bahwa Instansinya merupakan produk jual yang harus ditawarkan kepada konsumennya yaitu para calon mahasiswa, dan harapannya adalah mampu menjaring sebanyak banyaknya calon mahasiswa yang mendaftar ke perguruan tinggi tersebut. Sama hal nya dengan produk jual lain, untuk menarik minat konsumen dalam hal ini calon mahasiswa, sebuah perguruan tinggi harus mulai melakukan upaya promosi, salah satunya dengan memunculkan keunggulan - keunggulan dari komoditi yang dijualnya, baik itu melalui kelengkapan program studi, kelengkapan sarana prasarana pendukung pendidikan, dan lain sebagainya.
Sebuah perguruan tinggi yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap, gedung yang bagus, program studi yang banyak, belum tentu akan banyak peminatnya, bahkan dengan biaya SPP per semester yang murah sekalipun belum tentu mampu menarik keinginan mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi tersebut. Ada beberapa komponen yang harus dimiliki oleh sebuah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta supaya dapat diminati oleh calon mahasiswa, diantaranya adalah :
1. Kemudahan Akses ke Perusahaan - Perusahaan
Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir setiap calon mahasiswa yang masuk perguruan tinggi mendambakan nantinya dapat bekerja disebuah perusahaan, bahkan perusahaan besar yang mampu memberinya gaji besar. Dengan kemampuan sebuah perguruan tinggi membuat jalur atau akses ke perusahaan - perusahaan yang akan menggunakan tenaga alumninya, tentu akan menjadi sebuah pertimbangan tersendiri bagi para calon mahasiswa untuk memilih perguruan tinggi tersebut. Misalkan STAN atau STT Telkom, mereka begitu diminati oleh calon mahasiswa karena ketika mahasiswa nya lulus akan langsung bekerja sebagai karyawan di perusahaan BUMN.
Jadi kemudahan akses ke perusahaan akan menjadi sebuah nilai tambah tersendiri yang akhirnya akan meningkatkan popularitas sebuah perguruan tinggi dimata calon mahasiswa.
2. Lulusan yang Berkualitas
Ketika sebuah perusahaan merasa puas dengan mempekerjakan karyawan lulusan dari sebuah perguruan tinggi, maka perusahaan tersebut kedepannya akan menaruh kepercayaan kepada perguruan tinggi tersebut, terutama dalam penerimaan pegawainya, bahkan kadang kala ketika perusahaan tersebut sudah percaya penuh, pada saat membutuhkan tenaga kerja, mereka akan langsung menghubungi perguruan tinggi tersebut bahkan melakukan jemput bola dengan membuka open rekruitment langsung di tempat perguruan tinggi tersebut.
Hal ini tentu saja akan memberikan kontribusi nilai jual yang begitu tinggi bagi sebuah perguruan tinggi, dan tentunya calon mahasiswa akan berbondong-bondong mendaftar di perguruan tinggi tersebut.
3. Prestasi Gemilang yang Diraih oleh Mahasiswanya
Sebuah prestasi yang membanggakan yang diraih oleh mahasiswa sebuah perguruan tinggi terutama prestasi tingkat nasional, akan menggambarkan kualitas dari perguruan tinggi tersebut, termasuk juga kepada dosen pengajar dan sarana lain. Hal ini tentu saja akan membuat image atau pamor perguruan tinggi tersebut meningkat dimata masyarakat bahkan calon mahasiswa. Tentu akan semakin menambah keinginan dari calon mahasiswa untuk berkuliah di perguruan tinggi tersebut.
4. Fasilitas Pendukung yang Mumpuni
Fasilitas adalah sebuah kebutuhan yang mutlak harus ada. misalkan pada sebuah program studi farmasi di perguruan tinggi tersebut memiliki fasilitas ruang laboratorium yang lengkap bahkan kondisi ruangannya hampir sama dengan standar yang berlaku untuk sebuah laboratorium penelitian. selain itu juga dilengkapi dengan sarana ruang perkuliahan yang ber AC
5. Alumni Almamater
Almuni adalah perpanjangan tangan dari sebuah kelembagaan perguruan tinggi. Pada saat alumni tersebut mampu memberikan sebuah kontribusi yang besar baik kepada masyarakat, perusahaan, bangsa dan tanah air, tentu akan ikut mengharumkan nama almamater alumni tersebut. Begitu juga sebaliknya, ketika seorang alumni melakukan sebuah hal yang butuk, maka almamaternyapun akan terbawa buruk pula.
Seorang alumni yang merasa puas pernah belajar disebuah perguruan tinggi dan mendapatkan manfaat yang begitu banyak, maka secara tidak langsung ia akan mensyi'arkan pengalaman kuliahnya di perguruan tinggi tersebut kepada orang lain, misalnya kepada keluarga besarnya, keponakannya, adik iparnya, tetangganya dan kepada siapapun yang ia temui. Begitu juga sebaliknya, ini adalah sebuah hukum didunia pemasaran, dimana setiap konsumen yang puas dan loyal, maka ia akan mensyiarkan nya kepada maksimal 3 orang temannya, namun ketika konsumen tersebut tidak puas maka ia akan memberitahukan kepada minimal 11 orang temannya.
Dari kelima poin yang saya gambarkan diatas, saya menarik sebuah benang merah, dimana sebuah perguruan tinggi supaya dapat menyandang gelar sebagai sebuah perguruan tinggi favorit atau idaman, haruslah mulai berorientasi kepada mahasiswa (student oriented), dimana mahasiswa dianggap sebagai seorang konsumen yang sedang menikmati jasa/ pelayanan dari perguruan tinggi tersebut sehingga pada saat penyusunan kurikulum, proses pembelajaran dikelas, praktikum di laboratorium, dan hal hal lain yang berhubungan dengan pendidikan harus didasarkan pada manfaat apa yang akan diperoleh oleh mahasiswanya, sehingga mahasiswa tersebut merasa puas belajar di sebuah perguruan tinggi.
Ketika sebuah perguruan tinggi sudah memikirkan Student Oriented, maka tenaga pengajarnya pun kini akan lebih fokus dalam memilah - milah materi apa saja yang akan diberikan, yang mudah dipahami dan memiliki manfaat yang begitu besar dalam jangka panjang. Selain itu, seorang tenaga pengajar di sebuah perguruan tinggi tersebut juga sudah mulai memikirkan harus diarahkan kemana mahasiswa didikannya tersebut.
InsyaAllah ketika sebuah perguruan tinggi sudah mulai berorientasi kepada masa depan mahasiswa nya, maka tiga hingga lima tahun mendatang perguruan tinggi tersebut akan menjelma menjadi sebuah perguruan tinggi berkualitas yang didukung oleh sistem pendidikan yang berkualitas sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas, dan akhirnya akan diidam - idamkan oleh seluruh calon mahasiswa dipelosok negeri.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
sukses y ikut kontesnya
BalasHapussemoga menang
makasih mas danang
BalasHapus