Senin, 26 Januari 2009

Memulai Usaha Mukena

ya, usaha inilah yang masih aku pertahankan sampai sekarang dan alhamdulillah Allah menurunkan hikmah yang begitu banyak dari usaha yang aku geluti ini. diantaranya adalah seorang bidadari bumi, akhwat sholehah, yang Allah titipkan untuk menjadi belahan jiwaku.

usaha ini awalnya iseng. waktu itu aku baru lulus kuliah apoteker dan berada dalam status kebingungan memilih antara usaha mandiri atau kerja. dalam hati nuraniku aku sebenarnya lebih memilih untuk usaha mandiri, namun ada tujuan lain yang mengharuskan aku menjadi seorang amfibi (usaha sambil kerja). waktu itu aku gencar sekali mengirimkan surat lamaran kepada perusahaan-perusahaan dari mulai perusahaan kecil sampai besar. Namun, pada penempatan, aku memberikan catatan "Lamaran Untuk Bagian Marketing".

marketing adalah salah satu bidang favorit ku, dimana dibidang tersebut aku berharap mendapatkan banyak relasi yang nantinya boleh jadi dapat bermanfaat bagi kelangsungan bisnisku kelak. namun dari sekian banyak panggilan yang aku terima, ternyata semua lowongan lebih banyak untuk penempatan didalam pabrik, baik berupa QA, QC de el el. Jelas, aku sangat tidak tertarik dengan posisi yang ditawarkan. Bahkan di salah satu perusahaan lab terkemuka, pada saat wawancara, yang kami bicarakan bukannya masalah pekerjaan melainkan urusan bisnis mukena yang sedang aku jalani saat ini. rupanya ibu yang mewawancaraiku tertarik dengan pemaparan bisnis mukena ku dan beliau memintaku untuk menghubunginya kembali. katanya nih beliau ini memiliki sebuah toko di pasar tanah abang yang tidak terpakai, maunya dia gunakan untuk berjualan mukena. beliau bermaksud mengajakku untuk bekerja sama. waduh...ancur deh..bukannya dapet kerjaan eh malah dapet tawaran kerjasama

namun setelah aku pikir panjang-2x..aku tidak cukup modal untuk membuka usaha disana, masalah ibu tersebut hanya berani menginvestasikan tempatnya saja, sedangkan modalnya harus aku tanggung sendiri...wah lumayan sulit tuh...akhirnya aku putuskan untuk tidak mengambil kesempatan tersebut.

aku kemudian menghubungi beberapa temanku melalui Hp, email, milist, bahkan frenster. Alhamdulillah, dari sekian banyak upaya yang aku kerjakan ternyata banyak juga yang nyangkut, walhasil dalam setahun aku bisa menjual mukena lumayan banyak, dari mulai jakarta, tangerang, solo, mataram, dan beberapa tempat lainnya. orderan terbanyak memang ke daerah solo. Terutama pada saat menjelang lebaran, aku mulai kebanjiran orderan. kadang stok yang ada tidak mampu memenuhi pesanan yang datang.

sebenarnya ingin sekali aku membuka sebuah gerai toko untuk usaha mukena ku ini, namun dari sekian banyak usaha yang aku lakukan, modal usaha belum juga terkumpul. namun aku tetap tidak menyerah, Insya ALlah suatu saat aku pasti bisa membuka sebuah toko..

memang banyak sekali suka dan dukanya ketika berjualan mukena ini, sukanya adalah karena dengan usaha ini, maka aku telah membantu orang-orang dengan menyediakan alat (busana) dengan harga terjangkau untuk dapat mengerjakan sholat. disamping itu, melalui usaha ini aku dapat berbagi keuntungan dengan mereka yang berniat untuk menjadi pengusaha dibidang yang sama.. yah meskipun diriku sendiri belum mapan, selagi masih mampu kenapa aku gak sekalian bantu orang.

untuk saat ini, aku memasarkan mukenaku melalui blogspot di www.sukausaha.blogspot.com
semoga Allah menurunkan berkahnya...amieeen

1 komentar:

  1. Wah mantap mbak,,, ada mukena kerancang juga gk mbak?

    BalasHapus